Penilaian Berbasis Kelas
Sabtu, 15 Desember 2012
0
komentar
Istilah penilaian berbasis kelas
digunakan untuk menggambarkan suatu penilaian yang dilakukan secara terpadu
dengan kegiatan pembelajaran. Penilaian berbasis kelas ini bisa dipandang
sebagai proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang
hasil-hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian,
pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti otentik, akurat, dan konsisten sebagai
akuntabilitas publik. Proses ini mengidentifikasi pencapaian kompetensi atau
hasil belajar yang dikemukakan melalui pernyataan yang jelas tentang standar
yang harus dicapai disertai dengan peta kemajuan belajar siswa dan pelaporan.
Penilaian terhadap siswa tidak hanya
mencakup penilaian perubahan atau perkembangan perilaku belajar setelah siswa
menempuh suatu pelajaran tertentu. Penilaian terhadap perubahan dan
perkembangan diri siswa dalam proses pembelajaran seharusnya juga mencakup :
kecakapan dan pengetahuan awal (prior knowledge), aktivitas dan kecakapan yang tampak pada
siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelas, dan aktivitas
pengetahuan / kecakapan siswa yang dilaksanakan dan diperoleh di luar kelas
atau di lingkungan hidup sehari-hari.
Pesan yang harus diperhatikan dalam kurikulum berbasis kompetensi
adalah bahwa pembelajaran bukan lagi hanya sebatas pembelajaran pengetahuan,
melainkan pembelajaran mengenai kecakapan untuk memecahkan masalah masalah
hidup, dengan ranah-ranah kecakapan pribadi, hidup sosial, berpikir kritis, dan
kecakapan olah ketrampilan. Disamping itu orientasi pembelajaran pada kurikulum
berbasis kompetensi adalah pembelajaran kontekstual. Implikasi dari
perubahan-perubahan orientasi pendidikan dan pembelajaran adalah pola penilaian
pembelajaran. Pola penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi adalah
penilaian berbasis kelas atau penilaian otentik.
Hal-hal yang terkait dengan penerapan penilaian otentik atau penilaian
berbasis kelas adalah : 1) penilaian belajar tidak dapat hanya dilaksanakan
secara eksidental (tes sumatif, ujian akhir) tetapi perlu
dilaksanakan secara terus-menerus di
dalam proses pembelajaran, dan 2) penilaian belahar tidak hanya mencakup konsep
esensial materi pelajaran menurut ahlinya, tetapi juga melibatkan konsep
esensial sesuai dengan konteks dunia nyata siswa.
Evaluasi (Penilaian) adalah suatu
tindakan atau suatu proses terencana untuk mengetahui keadaan objek dengan
menggunakan instrument dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk
memperoleh kesimpulan.PBK yaitu suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan
penggunaan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dengan
menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti
autentik, akurat, dan konsisten, serta mengidentifikasi pencapaian kompetensi
dan hasil belajar pada mata pelajaran yang dikemukakan melalui pernyataan yang
jelas tentang standar yang harus telah dicapai disertai dengan petunjuk
kemajuan belajar peserta didik dan pelapornya.
Fungsi PBK diharapkan berfungsi bagi peserta didik
dan untuk guru sendiri.
Kegunaan evaluasi bagi evaluator adalah
guna memperoleh informasi, mengetahui relevansi antara program pendidikan
dengan tujuan pendidikan dan juga untuk melakukan usha perbaikan, penyesuaian
dan penyempurnaa program pendidikan. Aspek-aspek yang dinilai adalah kumpulan kumpulan kerja
peserta didik (portofolio), hasil karya (product), penugasan (project), kinerja
(performance), tindakan (action), dan tes tertulis subjektif, objektif, dan
proyektif). Bentuk-bentuk penilaian PBK adalah: Kuis,
pertanyaan lisan, ulangan harian, tugas individu, tugas kelompok, ulangan
semester, ulangan kenaikan, dan response atau ujian praktik. Prinsip umum dari penilaian adalah: Valid, mendidik,
berorientasi pada kompetensi, adil dan objektif, terbuka, berkesinambungan, menyeluruh
dan bermakna.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penilaian Berbasis Kelas
Ditulis oleh Radja Paguntaka
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://radjapaguntaka-radjapaguntaka.blogspot.com/2012/12/penilaian-berbasis-kelas_15.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Radja Paguntaka
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar